Senin, 07 November 2011

Penyambungan Tanaman


PENYAMBUNGAN


Latar belakang
            Cara memperbanyak tanaman sangat beragam mulai dari yang sederhana sampai yang rumit. Dengan tingkat keberhasilan yang tinggi dan ada juga yang rendah. Perbanyakan tanaman bisa digolongkan menjadi tiga golongan besar, yaitu perbanyakan secara generatif, vegetatif, dan vegetatif-generatif.

Definisi Penyambungan
            Penyambungan disini berarti penyatuan antara batang atas (sepotong cabang dengan dua atau tiga tunas vegetatif) dengan batang bawah sehingga gabungan ini bersama-sama membentuk individu yang baru. Batang bawah sering juga disebut stock atau root stock atau bahasa belandanya onder stam. Ciri dari batang ini adalah batang masih dilengkapi dengan akar, sedangkan batang atas yang disambungkan sering disebut entris atau scion. Batang atas dapat berupa potongan  batang atau bisa juga cabang pohon induk, kadang-kadang untuk penyambungan ini memerlukan batang perantara (Inter-Stock).  Batang bawah yang digunakan berasal dari tanaman yang memiliki akar yang kuat sedangkan batang atas berasal dari tanaman yang mempunyai sifat-sifat hasil yang diinginkan.Agar batang atas dan batang bawah bisa terus merupakan perpaduan yang kekal, maka sebaiknya dipilih batang atas dan batang bawah yang masih mempunyai hubungan keluarga yang dekat (Suwandi, 2008).

Keuntungan penyambungan
            Penyambungan dilakukan untuk memperoleh tanaman baru yang memiliki kombinasi sifat dari dua tanaman yang disambungkan. Keuntungan yang dapat diperoleh dari hasil penyambungan antara lain : tanaman hasil penyambungan memiliki sistem perakaran yang kuat, tahan terhadap serangan hama dan penyakit, cepat berbuah dan mempunyai sifat yang sama dengan induknya.

2 komentar:

  1. wah, ini yang sering aku praktekin, maklum rumahku di kampung..aku sering menyambung dua jenis pohon singkong yang berbeda jenis...alhasil buahnya gueeedeeee.... tulisan yang bagus...semangat, tetap membangun....

    BalasHapus
  2. singkong jenis apakah yang suka disambung gun?

    BalasHapus